“Menjadikan SMK Al-Amin sebagai sekolah berbasis pesantren yang berprestasi dan layak bersaing yang terintegrasi dengan akhlaqul karimah”

Jumat, 27 April 2012

MERESENSI NOVEL

MERESENSI NOVEL • Judul novel : Damai dalam cinta • Pengarang : Maria cecilia • Tahun terbit : _____ • Nama peresensi : LAILATUL AFIAH • Kota terbit :Jakarta • Jumlah halaman :128 halaman • Ukuran novel : 11,5 x 17,5cm Tujuan pengarang : Agar pembaca bisa menjalankan kedamaian dalam cinta, sehingga tidak akan terjadi hal-hal yang tidak di inginkan seprti perselingkuhan. Urutan penyajian novel :  judul novel  Kata penagtar  isi Penilaian aspek :  Dari segi tata bahasa novel ini masih memiliki banyak kekurangan karena kat-katanya kurang efektif,dan ada sebagian kalimat yang sulit untuk di pahami, untuk penulisan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) sudah cukup benar dalam penempatanya dan ceritanya menggunakan kata baku, banyak juga kalimat yang tidak efektif dalam penempatan kata-kata dari isi novel tersebut, ceritanya sanagt nenarik tetapi juga terlalu banyak basa basi, banyak pemborosan kata. Tidak ada penutupnya sehingga cerita yang saya baca tudak terlalu membuat saya terkesan, dari segi judul, penulisan,maupun akhir cerita. Tokoh utama tidak bisa saya ketahui karena terlalu banyaknya tokoh-tokoh di dalam novel.  Dari segi negatif maupun positif Kita dapat mengambil makna dari cerita tersebut sehingga saya berfikir lebih dengan baik,jernih. Dari segi positif saya juga dapat meniru pemikiran secara bijaksana, sehingga saya terpengaruhi akan kedewasaan dari cerita tersebut dan memberikan saya sebuah inspirasi yang memperluas pemikiran saya.  Dari segi pengarang maupun penulis Baik karena melibatkan beberapa tokoh-tokoh yang memiliki beberapa sifat atau beberapa karakter yang sangat berbeda-beda.  Dari segi cover Cukup menarik dan gambarnya sudah menyampaikan isi novel tersebut. Dan dari judul yang tertulis di cover sudah menceritakan tenteng perdamaian dalam cinta.  Dari segi warna cover Warnanya menarik si pembaca agar si penbaca tersebut tergiur untuk membaca novel tersebut.  Dari segi gambar Kerukunan atau kedamaian dalam menjalin suatu hubungan dalam ikatan cinta.  KESIMPULAN : Isi cerita novel tersebut sesuai dengan ceritanya bahwa novel ini mengisahkan seorang ayah yang menghianati orang yang di cintai demi orang lain yang di pentingkan dan di nomor satukan atau di pentingkan demi kepuasan dalam menjalani sebuah rumah tangga mereka. Demikian resensi saya pada novel ini adalah lebih banyak kekurangan dari pada kelebihan yang di atur oleh novel ini. SEKIAN TERIMA KASIH WASSALAMU’ALAIKUM WR.WB
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support